0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-16.00 WIB    Search  

admin - 15 Okt 2020

Apa Itu Corrugated Box?



Corrugated Box adalah salah satu jenis kemasan yang memiliki bagian bergelombang dan terbuat dari beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas corrugated medium.

Corrugated Box adalah salah satu jenis kemasan yang memiliki bagian bergelombang dan terbuat dari beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas corrugated medium. Corrugated box memiliki tiga lapisan di dalamnya, yaitu fluting bagian luar, fluting bagian dalam dan fluting di bagian luar. Flute adalah lapisan bergelombang yang biasa terlihat pada lapisan dalam corrugated box. Anda pasti pernah melihatnya, inilah yang disebut dengan “Flute” pada Corrugated Box :

Corrugated BoxLapisan bergelombang di dalam Corrugated Box disebut “Flute”


Apa kegunaan flute pada Corrugated Box?

Flute pada corrugated box berfungsi sebagai lapisan yang menentukan seberapa kuat lapisan Corrugated Box. Flute memiliki beberapa ukuran, di klasifikasikan dari Flute A (flute gelombang terbesar) hingga Flute F (flute gelombang terkecil). Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambaran dibawah ini :

Besaran Flute A hingga F

Apakah ukuran flute mempengaruhi kualitas Corrugated Box?
Secara kegunaan, sebenarnya Anda bisa menggunakan berbagai ukuran flute, tidak terikat pada jenis barang dan ukuran Corrugated Box Anda. Namun, flute dengan ukuran yang semakin besar akan semakin kuat perlindungannya dan kuat terhadap tekanan. Sedangkan ukuran flute kecil akan semakin mudah dicetak, dilipat dan tidak mudah retak. Namun, jika dilihat dari ketebalannya, Corrugated Box dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :

  • Single Wall

Single wall terdiri dari 3 bagian kertas (3 ply) dengan ketebalan 2 sampai 5 mm. Terdiri dari satu sisi yang datar atau liner yang dilem dengan corrugated medium atau fluting. Tipe ini banyak digunakan untuk bahan pembungkus, kemasan barang elektronik, mainan, makanan, bantalan atau pengisi wadah kemasan. 

  • Double Wall

Double wall terdiri dari 5 bagian kertas (5 ply) dengan ketebalan mencapai 7 mm. Tipe jenis ini biasa dipakai untuk kemasan yang sama dengan tipe single wall. 

Berikut beberapa jenis kertas yang biasa digunakan Corrugated Box :

  • Kraft Liner

Kertas ini biasa digunakan sebagai bagian luar Corrugated Box. Bahan kraft liner memiliki kekuataan yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena bahan kertas jenis kraft dibuat dari bahan dasar kayu yang memiliki serat memanjang kemudian diolah menjadi bubur kertas/pulp. Karena kekuatannya itulah kertas kraft liner berfungsi sebagai bursting strength atau penahan daya jebol pada kardus.

  • Test Liner

Test liner sering dikenal dengan recycled paperboard. Kertas ini berwarna abu-abu terang dan terbuat dari limbah kertas dan memiliki bursting strength di bawah kertas kraft karena memiliki bahan dominan kertas daur ulang.

  • Kertas Medium

Kertas medium biasanya digunakan pada bagian dalam box atau dipakai sebagai penyekat pada corrugated sheets. Bahan ini dibuat dari bahan daur ulang dan berfungsi untuk menahan goncangan, getaran dan tekanan serta memberi daya tumpuk yang kuat. Fungsi kertas bahan medium adalah sebagai stacking strength atau kekuatan box ketika ditumpuk. Kertas medium memiliki daya serap yang baik sehingga dapat digunakan sebagai bagian untuk dilem dibanding kertas kraft.


Selain 3 jenis kertas diatas dimungkinkan juga kombinasi kertas-kertas fancy lainnya untuk membuat corrugated box yang lebih menarik.

Ada juga beberapa istilah pada Corrugated Box yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah :

  • Creasing

Creasing adalah lipatan yang terdapat pada Corrugated Box. Kedalaman untuk setiap creasing ini berbeda-beda, biasanya berkisar ½ dari ketebalan sheet dus sendiri. Ada pula yang hanya sekitar ¼ bahkan ¾ dari ketebalan sheet yang akan dilipat. Type creasing sendiri ada 3 macam, yaitu point flat, point to point serta three point. Jenis creasing karton box apa yang cocok digunakan tentu tergantung pada model cetakan serta jumlah dindingnya, apakah single wall atau double wall.

  • Slot

Slot adalah lubangan/garis yang memotong dan memisahkan antara tutup kardus(flap)

  • Flab

Flap adalah tutup pada karton box bentuk standard dan fungsi utamanya sebagai penutup pada kardus. 


Sumber Artikel : https://uprint.id/blog/apa-itu-corrugated-box/
Sumber Gambar : https://www.bandarkardus.com/wp-content/uploads/2013/02/Jual-Kardus-Carton-Box-di-Sukajadi-Bandung-1024x863-720x607.jpg