0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-17.00 WIB    Search  

admin - 27 Jun 2020

7 Alasan Menggunakan Ilustrasi dalam Desain Anda



Dalam beberapa tahun terakhir, Ilustrasi asli untuk antarmuka pengguna telah menjadi salah satu tren desain paling populer dan kuat. Mari kita bahas alasan mengapa desainer memilih ilustrasi di antara elemen visual penting dari desain UI untuk situs web dan aplikasi seluler.

Apa itu ilustrasi?

Pada dasarnya, Ilustrasi adalah interpretasi visual dari konsep, teks atau proses tertentu. Ini adalah gambar yang bertujuan untuk mendukung, mengklarifikasi atau bahkan mengembangkan ide-ide yang didapat orang dari sumber informasi lain, yang paling sering diberikan dalam sebuah teks.

Kata itu sendiri berarti “menyoroti sesuatu”, tujuan utamanya adalah untuk membantu audiens memahami atau membayangkan sesuatu yang lebih baik. Selama bertahun-tahun, ilustrasi telah dimasukkan ke dalam berbagai artikel cetak seperti buku, majalah, surat kabar, poster, brosur, hingga materi pendidikan.

Kemudian, diambil alih dengan kartun dan produksi video. Dan baru-baru ini, teknologi dan alat baru telah mendorong batas-batas karya seni digital. Karena keindahan dan fleksibilitas kreatifnya, ilustrasi dengan semakin banyak situs web dan aplikasi seluler adalah salah satu cara untuk meningkatkan keramahan pengguna, daya tarik emosional, dan daya tarik visual dari antarmuka.

Tetapi fungsi apa yang bisa dicakup oleh ilustrasi dalam desain antarmuka pengguna?

Berikut adalah alasan mengapa Ilustrasi mendapatkan popularitas yang begitu besar dalam desain antarmuka dan mungkin mengapa Anda berencana untuk menggunakannya dalam proyek desain berikutnya.

7 Alasan Menggunakan Ilustrasi dalam Desain Anda

1. Membangun Fondasi Solid Orisinalitas dan Harmoni Artistik

Grafik menambahkan sedikit gaya dan kreativitas ke antarmuka, elemen cetak atau elemen merek. Dalam dunia persaingan yang ketat, sangat penting untuk menonjol. Kalau tidak, orang mungkin tidak mencoba produk Anda atau memahami manfaatnya.

Itu sebabnya banyak perusahaan menggunakan ilustrasi sebagai gambaran baik untuk posting blog, ulasan, dan halaman arahan (Landing Pages) mereka. Dalam hal ini, desianer dapat menyempurnakan pekerjaan dengan memperhitungkan preferensi audiens target dan menyeimbangkannya dengan tujuan atau ide bisnis yang mendasari proyek atau tema tertentu.

Dimungkinkan untuk menemukan metafora yang menarik, palet warna, karakter dan lingkungan yang secara efektif akan menarik kelompok pembaca atau pemirsa tertentu.

2. Membuat Pemicu Visual untuk Mentransfer Pesan yang Diperlukan

Kebanyakan orang merasakan gambar lebih cepat daripada kata-kata. Ini bukan baik atau buruk, itu hanya fakta bahwa desainer dapat menggunakan untuk meningkatkan kinerja visual dari tata letak web atau mobile.

Orang-orang, secara umum, memiliki kemampuan yang sangat besar untuk melihat tanda-tanda visual, mengenali dan memproses data, bahkan dengan mengubah gambar abstraksi tingkat tinggi.

3. Desain Antarmuka Web atau Mobile

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gambar sering berfungsi sebagai alat komunikasi yang lebih universal daripada salinan. Namun, ada juga sejumlah jebakan yang perlu dipertimbangkan. Kecepatan persepsi bukan satu-satunya hal yang kita butuhkan: orang dapat melihat ilustrasi dengan sangat cepat, tetapi jika pesan yang mereka sampaikan tidak jelas atau dapat dibaca dalam rangkap dua, kecepatan ini tidak akan membawa bukan pengalaman pengguna yang positif. 

Bidikan cepat yang menyebabkan kesalahpahaman tidak dapat didefinisikan sebagai pengakuan, lihat saja dengan cepat. Pengakuan tidak hanya berarti kecepatan, tetapi juga tindakan atau informasi yang benar bahwa elemen visual harus membawa kepada pengguna. Jadi, jika Anda ingin segera membuat metafora visual dan menghindari kesalahpahaman atau asosiasi yang menyesatkan.

4. Menyatukan Cerita Kreatif

Dalam istilah yang sederhana, mendongeng adalah metode menyatukan berbagai informasi menjadi sebuah cerita untuk membuatnya lebih berkesan dan untuk mengatur hubungan dekat antara para pihak. Pendekatan ini sangat efektif untuk pengalaman pemasaran dan pengguna.

5. Membangun Daya Tarik Emosional

Bukan rahasia, kita semua makhluk emosional. Aarron Walter berkata, “Banyak situs web dan aplikasi menciptakan pengalaman yang lebih baik, mendesain ulang hierarki kebutuhan untuk memasuki dunia baru dengan kesenangan, kegembiraan, dan kenikmatan, dan jika sebuah antarmuka dapat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas penting.

Dan untuk membuat Anda tersenyum? itu akan sangat kuat! Ini akan menjadi pengalaman yang Anda rekomendasikan kepada teman-teman Anda. 

Ini akan menjadi ide yang bagus untuk disebarkan. “Dan itulah yang dapat Anda lakukan secara efektif dengan ilustrasi. Semua yang Anda letakkan di sana – garis, bentuk, warna, ekspresi wajah, kurva dinamis memiliki dampak signifikan pada peradangan emosional.

Dengan mempelajari perilaku pengguna dan faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik emosional mereka, desainer dapat menggambarkan alat yang kuat yang menghubungkan pengalaman dengan emosi pengguna dari detik-detik pertama interaksi.

6. Desain Grafis Khusus adalah Dasar dari Kepuasan Estetika yang Mendukung Keinginan Proyek

Dengan ratusan diskusi dan argumen tentang tema “fungsi pertama”, keinginan alami manusia akan keindahan dan antusiasme terus berlaku. Tentu saja, utilitas dan kegunaan adalah dasar dari antarmuka apa pun.

Namun, hasrat adalah eksterior yang indah dan estetika yang mendorong orang untuk memperhatikan produk Anda, untuk merasakan kenikmatan menggunakannya dan ingin menggunakannya kembali. 

Ilustrasi adalah cara yang terverifikasi dengan baik untuk mencapai tujuan ini karena mereka menambah keindahan, gaya, keanggunan, atau apa pun yang ingin Anda tambahkan ke antarmuka.

7. Meningkatkan Kesadaran dan Kualitas Merek

Dibandingkan dengan teks, gambar cenderung bertahan lebih baik dalam memori jangka panjang. Dampaknya akan tumbuh ketika gambar informatif, dirancang sesuai dengan harapan audiens target dan konsisten dengan konsep gaya tata letak umum.

Ini membuat ilustrasi sangat efektif dalam membuat desain UI dikenali dan mendukung situs web pencitraan atau aplikasi mobile Ini adalah salah satu alasan mengapa ilustrasi banyak digunakan dalam orientasi.Ilustrasi memiliki banyak aplikasi.

Jasa ilustrasi kami memungkinkan kami bekerja untuk klien di sampul buku, situs web, majalah, dan membuat CGi untuk properti. Pesan ilustrasi unik Anda hari ini.


Sumber Artikel : https://fastwork.id/blog/ilustrasi-dalam-desain/
Sumber Gambar : https://fastwork.id/blog/wp-content/uploads/2019/08/jasa-ilustrasi-960x540.jpg