0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-17.00 WIB    Search  

admin - 29 Nov 2019

7 Web Extension Yang Berguna Bagi Desainer



Semakin hari perkembangan teknologi semakin memberikan kemudahan bagi manusia dengan cara yang belum terpikirkan sebelumnya. Kemajuan tersebut secara signifikan membantu masyarakat untuk menyelesaikan dengan lebih cepat, akurat dan efektif. Salah satu alat pembantu pekerjaan yang mungkin masih asing di telinga masyarakat adalah browser extension.

WhatFont

Tool ini sangat berguna bagi kamu yang sering menggunakan variasi font dalam mengerjakan sebuah tugas atau pekerjaan.  WhatFont menghemat waktu secara drastis bagi kamu untuk mencari jenis font yang kamu lihat di sebuah laman web. Cukup dengan mengklik tulisan yang dimaksud, WhatFont akan langsung memberikan jenis dan deskripsi dari font tersebut secara detail. Selain itu, WhatFont juga menyediakan tautan yang berisi font yang dapat kamu download dan langsung tersedia di font library.

 

Spectrum

Jika kamu ingin untuk menciptakan sebuah tampilan website yang ramah bagi penderita gangguan penglihatan, Spectrum adalah salah satu tools yang dapat membantu kamu. Cukup dengan mengklik extension Spectrum, kamu bisa memilih tampilan yang akan dilihat oleh penderita dari beberapa penyakit gangguan penglihatan. Dengan demikian, kamu bisa mendesain sebuah tampilan laman web yang bisa secara sepenuhnya dilihat oleh penderita penyakit mata.

 

ColorPick Eyedropper

ColorPick Eyedropper sangat berguna bila kamu ingin mengetahui warna apa yang kamu lihat di laman internet secara detil. Kamu tidak perlu menyimpan gambar tersebut dan memindainya untuk mengetahui warna apa saja yang ada. Tool ini akan memberi tahu kode warna yang kamu lihat hanya dengan mengklik. Sangat berguna bagi kamu yang ingin menghemat waktu dan mengetahui warna yang disukai secara akurat.

 

Sizzy

Jika kamu sudah bosan mencoba tampilan desain web satu persatu dengan resolusi layar device yang berbeda, kamu harus sering menggunakan Sizzy. Web design tester ini memungkinkan kamu untuk melihat desain web yang ditampilkan di berbagai resolusi layar dalam sebuah webpage. Kamu hanya perlu memasukan URL website yang dimaksud dan memilih tampilannya akan dipampangkan dari jenis layar yang kamu gunakan.

Dark Reader

Kegunaan dari tool ini cukup sederhana; mengubah tampilan website yang tadinya berwarna terang menjadi hitam. Dark Reader sangat berguna bagi para night-owl yang terbiasa bekerja pada malam hari. Kamu bisa menyesuaikan tingkat keterangan dan kontras dari tampilan website tersebut.

 

Corporate Ipsum

Kata-kata yang digunakan oleh desain draft Lorem Ipsum kadangkala terlihat monoton. Kalau kamu ingin merubah tulisan yang ditampilkan saat sedang mencoba typesetting, Corporate Ipsum bisa menjadi pilihan untuk digunakan. Memang tidak terlalu berpengaruh dengan hasil akhir pekerjaan, namun setidaknya kamu bisa menjadikan proses pengerjaannya lebih menarik. Selain itu, kamu dapat memilih berapa jumlah kata yang akan kamu gunakan dalam sebuah paragraf. Jika telah ditentukan, maka tampilan kalimat atau paragraf akan terlihat lebih natural dibandingkan dengan menggunakan Lorem Ipsum biasa.

 

Site Palette

Hampir sama dengan ColorPick Eyedropper, Site Palette membantu kamu untuk mengidentifikasi warna yang kamu lihat hanya dengan mengklik. Kamu juga bisa mengunduh palet warna yang diinginkan dan menggunakannya di software Adobe.


Sumber Artikel : https://idseducation.com/wp-content/uploads/2019/07/pexels-photo-2349210.jpeg
Sumber Gambar : https://idseducation.com/articles/7-web-extension-yang-berguna-bagi-desainer/