0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-17.00 WIB    Search  

admin - 01 Nov 2019

Desain Internal Magazine Menjadi Sarana Komunikasi Efektif



Upaya peningkatan komunikasi internal dalam sebuah perusahaan dapat ditempuh melalui berbagai cara dan prasarana. Salah satunya adalah dengan menggunakan desain internal magazine yang sempurna.

Desain Internal Magazine Dinilai Menjadi Media Komunikasi Efektif Bagi Perusahaan

Idealnya, desain internal magazine atau majalah internal dicetak secara rutin dan berkala oleh pihak perusahaan. Dalam proses penyusunan desain internal magazine, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti filosofi perusahaan, kebutuhan komunikasi, jumlah eksemplar yang akan dicetak, waktu penerbitan majalah internal, jangka waktu penerbitan, karakteristik dari para pembaca, kebijakan dari redaksional, konten kreatif, dan lain sebagainya. Namun tidak perlu khawatir, saat ini Anda bisa dengan mudah menggunakan jasa konsultan majalah internal profesional agar tidak menguras tenaga, waktu dan pikiran hanya untuk membuat desain internal magazine (majalah internal perusahaan).

Langkah-Langkah Dalam Pembuatan Majalah Internal atau Internal Magazine

Penulisan

Selain materi redaksi, penyajian konten artikel yang menarik dan komunikatif akan meningkatkan minat baca dari karyawan. Tidak melulu bersifat arahan, artikel juga bisa membahas topik-topik positif lainnya agar tidak membosankan. Misalnya artikel tentang karyawan yang berprestasi, informasi seputar unit kerja, atau kabar terbaru tentang perkembangan dan kegiatan karyawan.

Desain

Setelah selesai pada tahap penulisan, saatnya masuk pada tahapan desain majalah internal. Terutama untuk bagian cover desain internal magazine yang perlu dibuat dengan kreatif agar para karyawan dan pihak internal lainnya tertarik untuk membacanya. First impression pada desain internal magazine ini penting, maka harus dikerjakan pula oleh ahlinya yaitu jasa desain majalah internal yang profesional.

Layouting

Layouting atau penataan letak tulisan, gambar serta infografik pada desain internal magazine tidak hanya didasarkan pada fungsi estetika, tetapi juga memperhatikan sisi penyajian komunikasi dan informasi yang mudah dipahami. Misalnya penamaan, pembagian rubrik, plotting halaman dan lain sebagainya. Selain itu, desain internal magazine juga dapat dipercantik dengan galeri foto seputar kegiatan penting ataupun corporate event terbaru.

Koreksi

Sebelum naik cetak, biasanya pihak jasa desain internal magazine yang baik akan melakukan proses koreksi. Baik dalam konten penulisan, desain maupun layouting. Tujuannya ialah untuk meminimalisir kesalahan sebelum naik cetak. Idealnya, proses koreksi ini juga akan melibatkan pihak perusahaan agar hasil akhirnya benar-benar sesuai dengan keinginan dan tidak mengecewakan pihak mana pun.

Cetak Distribusi

Terakhir, desain majalah internal yang sudah siap akan naik cetak untuk kemudian di distribusikan kepada pihak internal perusahaan.


Sumber Artikel : https://www.soocadesign.com/desain-internal-magazine/
Sumber Gambar : https://www.corpcommsmagazine.co.uk/storage/articles/J4up2BbxeEJwcTyL3DXTmMFSbfFVfuuybtsYdZ8F.jpeg