0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-17.00 WIB    Search  

admin - 20 Jun 2019

4 Hal yang Perlu Diingat Saat Membuat Desain Sertifikat



Sertifikat adalah salah satu dokumen pendukung yang dibutuhkan banyak orang, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa yang sudah bekerja. Keberadaan sertifikat ini sebagai bukti penunjang kemampuan, keahlian dan juga prestasi yang telah diraih sebelumnya.

Seringkali di antara lembaga dan organisasi tersebut memesan secara khusus kepada percetakan untuk membuat sertifikat yang mereka inginkan. Mulai dari desain sertifikat hingga sertifikat yang sudah jadi. Tak jarang pula kita sendiri yang harus mendesain sertifikatnya dan percetakan hanya akan mencetakkannya untuk kita.

Pada artikel ini kami akan membahas tentang pembuatan desain sertifikat itu sendiri. Ada empat hal yang perlu diingat saat mendesain sertifikat:

Ide Atau Konsep Desain Sertifikat

Sebelum memutuskan untuk membuat desain sertifikat yang diinginkan, menggodok konsep atau ide adalah sesuatu yang penting. Jika Anda termasuk tipikal orang yang sulit untuk memunculkan ide, maka Anda bisa mencari referensi di internet. Satu hal yang pasti, idea tau konsep yang Anda gunakan pada desain sertifikat haruslah sesuai dengan konsep acara, kegiatan atau lembaga yang menaunginya. Jangan sampai melupakan konsep dasar Anda.

Pilih Software yang Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk membuat sertifikat, yaitu Microsoft word, Adobe Photoshop dan CorelDraw. Ketiganya memiliki spesifikasi yang berbeda, dan tentunya bentuk atau desain sertifkat yang dihasilkan juga berbeda. Untuk software Microsoft word, Anda memang bisa menggunakannya untuk membuat sertifikat, namun desain sertifikat nanti jadinya bisa dibilang sangat sederhana karena tak tersedia cukup banyak pilihan. Hal ini wajar karena Microsoft Word bukanlah program untuk menggambar, apalagi mendesain.

Sebaliknya untuk CorelDraw dan Adobe Photoshop, Anda dapat dengan mudah membuat dan menerapkan desain sertifikat yang diinginkan. Tentunya pilihan desain dan beragamnya alat yang tersedia dapat membantu membuat desain sertifikat terlihat lebih indah.

Sertifikat Biasanya Berbentuk Persegi Panjang

Pada umumnya sertifikat memiliki bentuk persegi panjang atau horizontal, meskipun desain sertifikat itu sendiri berbentuk vertikal. Untuk membuat bentuk sertifikat ini, Anda bergantung pada software yang Anda gunakan untuk membuat sertifikat.

Desain Sertifikat yang Sederhana

Sertifikat pada dasarnya hanya berupa selembar kertas yang berisi tentang penilaian atau apa yang telah diraih seseorang pada suatu acara, tempat atau posisi. Namun, sangatlah tidak mungkin jika sertifikat dibuat tanpa mempertimbangkan nilai estetika, mengingat tidak semua orang bisa mendapatkan pengakuan melalui sebuah sertifikat.

Oleh karena itu setiap sertifikat selalu memiliki desain, warna dan format yang berbeda antara satu sama lainnya. Untuk membuat sertifikat, sebaiknya Anda memilih desain sertifikat yang sederhana namun tetap terlihat indah. Pastikan untuk tidak terlalu rakus dalam mendesain sertifikat karena dalam sebuah sertifikat, desain ada untuk memperindah tampilan, sementara esensi dari sertifikat itu sendiri masih tetap sama, yaitu pengakuan tertulis tentang kemampuan, keahlian atau pencapaian seseorang dalam suatu bidang.


Sumber Artikel : https://tipspercetakan.com/wp-content/uploads/2019/02/Tahukah-Anda-Apa-Perbedaan-Sertifikat-dan-Piagam.jpg
Sumber Gambar : https://uprint.id/blog/4-hal-yang-perlu-diingat-saat-membuat-desain-sertifikat/