0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-17.00 WIB    Search  

admin - 11 Jun 2019

Mengapa Desain yang Bagus Itu Penting ?



Ke manapun kita pergi dan di manapun kita berada, desain selalu mengelilingi kita. Tanpa adanya desain, akan jadi seperti apakah dunia yang kita tinggali saat ini? Saat disuguhkan dua desain, kita dapat mengetahui desain manakah yang lebih bagus. Semua orang menyukai desain yang terlihat indah dan menarik. Namun, tidak banyak yang menyadari, mengapa desain yang bagus itu penting? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari memiliki desain yang bagus?

Di dalam artikel ini, kami mencoba menjelaskan mengenai betapa pentingnya sebuah desain yang bagus itu dan memberikan alasan-alasannya.Entah desain dari sebuah logo perusahaan, spanduk, brosur atau buku tulis dan yang lainnya, desain yang bagus dan terlihat menarik menjadi hal yang sangat penting dan membutuhkan perhatian mendalam dan menyeluruh. Kami telah merangkum berbagai alasan betapa pentingnya memiliki desain yang indah sehingga disukai banyak orang:

Karena kesan pertama penting
Orang memiliki kecenderungan untuk menilai, bukan hanya sesama manusia dan makhluk hidup lainnya, namun juga benda mati, termasuk desain. Dan saat melakukan penilaian, manusia melakukannya dengan sangat cepat. Mereka akan mendapatkan kesan pertama biasanya dari desain yang mereka lihat. Apabila saat pertama kali melihat mereka sudah merasakan adanya ketidaksukaan, hal tersebut akan memengaruhi proses selanjutnya, yang pada umumnya adalah memutuskan untuk membeli atau tidak. Ada banyak hal dalam desain yang memengaruhi terciptanya kesan pertama, seperti struktur, warna, kesimetrisan, spasi, jenis tulisan dan lainnya. Kesan pertama yang bersifat positif akan memberikan kepuasan yang lebih tinggi kepada yang melihat. Selain itu, kesan pertama, entah positif ataupun negatif, bisa bertahan untuk jangka waktu yang cukup lama. Jika kesan pertamanya positif, maka tidak akan ada masalah. Namun jika kesan pertamanya negatif, orang yang melihat desain tersebut dapat memiliki prasangka terhadap Anda selama bertahun-tahun.

Desain mengkomunikasikan merk
Desain merupakan salah satu elemen penting dalam pemasaran karena desain mengkomunikasikan merk. Agar pelanggan mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan, mereka butuh kepercayaan. Saat melihat merk kita (desain kita), pelanggan secara tak sadar mengkodekan penawaran spesifik di dalam pikiran mereka, misalnya apakah merk kita menawarkan kenyamanan dan rasa hangat kepada mereka yang melihat, atau malah orang yang melihat akan merasa jengkel. Apapun yang kita gunakan sebagai alat pemasaran, desain berperan penting dalam menarik perhatian pelanggan. Jika desain terlihat kurang profesional, semua kerja keras dan kesan baik yang telah diperoleh selama ini bisa hilang atau hancur hanya karena desain.

Desain yang bagus meningkatkan keterlihatan
Hanya desain yang terlihat indah dan uniklah yang akan menonjol di tengah keramaian. Desain yang bagus akan membuat orang tertarik dan mereka akan dengan mudah mengingatnya.

Desain membantu menekankan pesan yang ingin disampaikan
Desain yang dibuat dengan baik akan dapat menggarisbawahi atau menekankan pesan yang ingin disampaikan. Desain yang bagus juga akan dapat membuat orang memberikan tanggapan setelah mengerti pesan yang disampaikan.

Manusia tidak menyukai sesuatu yang bersifat standar

Tak perlu diragukan lagi bahwa kita manusia suka merasa kagum akan sesuatu. Kita suka inspirasi dan pencerahan. Namun di atas segalanya kita menyukai sesuatu yang unik dan berbeda.

Desain yang bagus tidak perlu berteriak. Desain yang bagus akan dengan sendirinya memenangkan hati orang-orang yang melihatnya karena kekuatan desain itu sendiri. Untuk dapat membuat desain yang baik memang datang dari pribadi. Terdapat panduan-panduan umum yang dapat digunakan, namun tidak ada panduan spesifik bagaimana untuk dapat membuat desain yang diingat oleh setiap orang yang melihatnya. Pada dasarnya, desain yang bagus adalah desain yang memancarkan aura positif.

Oleh karena itu, berdasarkan semua alasan yang telah dijelaskan di atas, desain bukanlah sebuah permainan anak-anak. Desain adalah sesuatu yang serius. Desain merupakan alat yang sangat berpengaruh. Karenanya, desain tidak bisa dianggap remeh. Jangan sampai saat orang melihat desain kita, kesan mereka adalah asal jadi dan tidak profesional. Untuk dapat menghasilkan suatu desain yang luar biasa, diperlukan kerja keras, usaha maksimal dan, tentu saja, kreativitas tanpa batas.

Desain dimulai dengan mempelajari dan memahami kelompok yang dituju. Bagaimana sebuah produk atau layanan bisa memuaskan mereka? Desainer harus menempatkan diri mereka di posisi pelanggan agar dapat berempati dengan keinginan, kesukaan dan aspirasi mereka. Selain kreativitas, alangkah baiknya jika seorang desainer memiliki keahlian-keahlian ini: menjadi pendengar, pengamat dan murid, menyampaikan cerita, membujuk, mengembangkan dan tidak memikirkan hanya kepentingan diri sendiri.


Sumber Artikel : https://uprint.id/support/knowledgebase/mengapa-desain-yang-bagus-itu-penting/
Sumber Gambar : https://cdn-images-1.medium.com/max/1200/0*34zRQe19hPIq6XGp.png