0818-568711       info@grahamaya.com       Senin-Sabtu 08.00-17.00 WIB    Search  

admin - 04 Jun 2019

Mengenal Memphis Style Dalam Dunia Desain



Jika Anda menyukai warna dan pattern yang menonjol dan berani, Anda akan sangat senang mendengar bahwa Gaya Memphis, gaya desain yang dipelopori oleh Grup Memphis tahun 1980-an, kembali menjadi tren pada tahun 2018.

Di sini kita akan melihat background Memphis Group dan melihat bagaimana Anda dapat meniru Gaya Memphis dalam karya desain Anda sendiri.

Apakah Memphis Group itu?

Pada tahun 1981, perancang Italia Ettore Sottsass mendirikan sekelompok seniman dan perancang yang disebut Memphis. Lagu Bob Dylan ‘Stuck Inside of Mobile bersama Memphis Blues Again’ diputar ulang saat pertemuan pertama kelompok, yang menyebabkan grup itu bernama ‘Memphis’. Setelah pertemuan perdana, kelompok memutuskan bahwa mereka akan bertemu lagi pada Februari 1981. Para anggota membawa lebih dari 100 gambar yang mereka punya, menggambarkan berbagai desain yang berani dan penuh warna dengan pengaruh gaya ganda. Grup Memphis terus menciptakan furnitur, kain, pola, keramik, dan produk lainnya dengan gaya khas postmodern yang memadukan ciri-ciri gaya tahun 1950-an, Art Deco, dan Pop Art.

Reaksi kritis awal terhadap desain yang dihasilkan oleh Grup Memphis tidak positif. Penggunaan grup dari laminasi plastik ‘warna-warni’ dan warna benturan konvensional tidak sesuai dengan standar desain yang lebih diterima secara luas pada saat itu.Namun, kita sekarang dapat mempelajari desain yang dibuat oleh Grup Memphis dan mengakui bahwa mereka itu sangat inovatif. Mereka menandai pemisahan lengkap dari gaya desain gelap, terang, ramai dan kompelks pada tahun 1970-an. Pendekatan baru Memphis untuk desain, yang dicirikan oleh kreativitas dan humor, menjadi ciri gaya abadi dari tahun 1980-an.

Salah satu anggota Kelompok Memphis, Nathalie Du Pasquier, baru-baru ini berkolaborasi dengan perusahaan desain Denmark HAY untuk menciptakan produk-produk yang didukung Memphis. Dunia fashion telah menjadi salah satu bidang desain tercepat untuk merevitalisasi gaya, dengan rumah-rumah seperti Dior dan Missoni menciptakan koleksi dan set acara yang mengambil inspirasi dari Memphis Group.

Apakah Memphis Style itu?

Gaya Memphis adalah salah satu gaya desain yang paling mudah dikenali. Dikenal karena penggunaan warna neon terang, warna primer dan pastel, bentuk geometris, dan pola tebal dan berulang. Gaya ini mengalami kebangkitan dalam desain grafis dan ilustrasi, sebagai tren untuk menghidupkan kembali semua hal delapan puluhan dan maksimal terus merasa segar dan relevan. Karena Gaya Memphis adalah kombinasi berbagai gaya desain yang populer selama tahun 1980-an, ia dapat terlihat agak bingung, dan benar-benar gila! Ini adalah gaya desain Marmite yang nyata — individu cenderung benar-benar menyukainya atau tidak menyukainya. Apakah Anda pikir desain aneh Gaya Memphis yang luar biasa atau hanya rasa buruk, Anda tidak dapat menyangkal pengaruh Grup Memphis pada desain grafis dan desain interior hari ini.

Desain grafis telah memungkinkan Style Memphis untuk diciptakan kembali untuk audiens kontemporer, dengan desainer menciptakan pola, tekstur, font warna dan poster menggunakan bentuk geometris merek dagang dan warna-warna berani.


Sumber Artikel : http://dumetschool.org/mengenal-memphis-style-dalam-dunia-desain/
Sumber Gambar : https://www.shutterstock.com/blog/wp-content/uploads/sites/5/2018/04/shutterstock_575368441.jpg